BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam suatu proses belajar mengajar,
dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran.
Kedua aspek ini saling berkaitan. Karena keduanya sangat mempengaruhi proses
belajar siswa. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi
jenis media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi materi dan siswa yang
diajar, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam
memilih media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan
respons yang diharapkan, ternasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat
dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat
bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar
yang ditata dan diciptakan oleh guru. Sehingga, media
pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi
terhadap efektifitas pembelajaran.
Pemakaian media pembelajaran dalam
proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru,
motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh
psikologis terhadap siswa. Selain itu, media pembelajaran juga dapan membantu
guru dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada tahap
orientasi pengajaran akan sangat membantu dalam proses pembelajaran dan
penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu, sehingga yang menjadi tujuan
dari pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Oleh karena
itu, media pembelajaran sangan penting dalam mendukung proses pembelajaran.
Sehingga, perlu adanya pengembangan-pengembangan media pembelajaran.
Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat
membawa perubahan pada bergesernya peranan guru sebagai penyampai pesan atau
materi pelajaran. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber belajar
dalam kegiatan pembelajaran. Bahkan pengembangan media
pembelajaran dapat berbasis teknologi informatika/IT.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dibuat rumusan masalah
sebagai berikut.
1. Apa
yang dimaksud dengan media pembelajaran?
2. Apa
yang dimaksud dengan pengembagan media dalam
pembelajaran?
3. Bagaimana
hakikat Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK)?
4. Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi?
C. Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui definisi media pembelajaran.
2. Mengetahui pengembagan media dalam
pembelajaran.
3. Mengetahui hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK).
4. Memahami
proses pengembangan media pembelajaran
berbasis teknologi
informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Media
Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara
harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media
adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
Jadi, media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan
pengajaran. Media pada hakekatnya merupakan salah satu komponen sistem
pembelajaran. Sebagai komponen, media hendaknya merupakan bagian integral dan
harus sesuai dengan proses pembelajaran secara menyeluruh. Ujung akhir dari
pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran,
sehingga memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan media yang kita pilih.
Sedangkan pengertian media pendidikan secara definitif, para ahli
memberi rumusan yang berbeda, masing-masing memiliki wawasan dan orientasi
yang berlainan, namun demikian pada prinsipnya ada kesamaan pengertian yang
mendasar. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa media pendidikan atau
pengajaran adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dari pengiriman ke si penerima guna merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan kemauan siswa sehingga terjadi dapat mendorong terjadinya proses
belajar. Sebagai pembawa (penyalur) pesan, media pengajaran tidak hanya
digunakan oleh guru, tetapi yang lebih penting dapat pula digunakan oleh siswa.
Berikut adalah pengertian media pembelajaran menurut beberapa ahli.
a.
Briggs (1977) media pembelajaran adalah
sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film,
video dan sebagainya.
b.
National Education Associaton(1969)
mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk
cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
c.
Menurut Schramm, media pembelajaran adalah teknologi
pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
d.
Oemar Hamalik (1980) mengemukakan bahwa yang dimaksud
dengan media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam
rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa
dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
e.
Latuheru (1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran
adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar
dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa
dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.
Berdasarkan beberapa pengertian yang telah dikemukakan
para ahli di atas, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pengertian media
pembelajaran ialah komponen, alat bantu, saluran, atau segala sesuatu yang
dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang berupa materi pembelajaran dari
pendidik (guru) sebagai komunikator kepada peserta didik (siswa) sebagai
komunikandalam proses belajar dan pembelajaran serta dapat merangsang pikiran,
perasaan,minat, dan perhatian peserta didik sehingga terjadi proses belajar.
B. Pengembagan Media Pembelajaran
C. Teknologi Informasi dan Komunikas (TIK)
D. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi
BAB II
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar