Jumat, 28 Agustus 2015

PEMBELAJARAN BERBASIS IT



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Karena keduanya sangat mempengaruhi proses belajar siswa. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi materi dan siswa yang diajar, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, antara lain tujuan pembelajaran, jenis tugas dan respons yang diharapkan, ternasuk karakteristik siswa. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Sehingga, media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektifitas pembelajaran.
Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain itu, media pembelajaran juga dapan membantu guru dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu dalam proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu, sehingga yang menjadi tujuan dari pembelajaran bisa tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, media pembelajaran sangan penting dalam mendukung proses pembelajaran. Sehingga, perlu adanya pengembangan-pengembangan media pembelajaran.
Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang demikian pesat membawa perubahan pada bergesernya peranan guru sebagai penyampai pesan atau materi pelajaran. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran. Bahkan pengembangan media pembelajaran dapat berbasis teknologi informatika/IT.

B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dibuat rumusan masalah sebagai berikut.
1.    Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran?
2.    Apa yang dimaksud dengan pengembagan media dalam pembelajaran?
3.    Bagaimana hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
4.    Bagaimana  proses pengembangan  media pembelajaran berbasis teknologi informasi?

C.  Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.      Mengetahui definisi media pembelajaran.
2.      Mengetahui pengembagan media dalam pembelajaran.
3.      Mengetahui hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
4.      Memahami proses pengembangan  media pembelajaran berbasis teknologi informasi.


BAB II
PEMBAHASAN


A.   Media  Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Jadi, media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran. Media pada hakekatnya merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran. Sebagai komponen, media hendaknya merupakan bagian integral dan harus sesuai dengan proses pembelajaran secara menyeluruh. Ujung akhir dari pemilihan media adalah penggunaaan media tersebut dalam kegiatan pembelajaran, sehingga memungkinkan siswa dapat berinteraksi dengan media yang kita pilih.
Sedangkan pengertian media pendidikan secara definitif, para ahli memberi rumusan yang berbeda, masing-masing memiliki wawasan dan orientasi yang berlainan, namun demikian pada prinsipnya ada kesamaan pengertian yang mendasar. Dan dapat diambil kesimpulan bahwa media pendidikan atau pengajaran  adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengiriman ke si penerima guna merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga terjadi dapat mendorong terjadinya proses belajar. Sebagai pembawa (penyalur) pesan, media pengajaran tidak hanya digunakan oleh guru, tetapi yang lebih penting dapat pula digunakan oleh siswa.
Berikut adalah pengertian media pembelajaran menurut beberapa ahli.
a.         Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.
b.        National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
c.         Menurut Schramm, media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
d.        Oemar Hamalik (1980) mengemukakan bahwa yang dimaksud dengan media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
e.         Latuheru (1988:14), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.
Berdasarkan beberapa pengertian yang telah dikemukakan para ahli di atas, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pengertian media pembelajaran ialah komponen, alat bantu, saluran, atau segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang berupa materi pembelajaran dari pendidik (guru) sebagai komunikator kepada peserta didik (siswa) sebagai komunikandalam proses belajar dan pembelajaran serta dapat merangsang pikiran, perasaan,minat, dan perhatian peserta didik sehingga terjadi proses belajar.

B.  Pengembagan Media Pembelajaran
C.  Teknologi Informasi dan Komunikas (TIK)
D.  Pengembangan  Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

BAB II
PENUTUP
A.  Kesimpulan
B.  Saran

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers